Dapur IanQin

Resep Masakan Mudah

Hasil Memasak Sendiri

Home » , , » Ayam Lodho Tulungagung

Ayam Lodho Tulungagung

Posted by Susiyanti Permana (QinQin)
Berkuah, Indonesia, Santan
Jumat, 17 November 2017 - 13:19

Ayam Lodho Tulungagung


Ini ceritanya resepnya yg ngasih tau temen, dia asli dari tulungagung awalnya aku tidak tau apa itu ayam lodho dan aku pas dikirimi foto pas dia makan ayam lodho itu jdi kepingin soalnya aku sebelumnya belum pernah makan masakan itu,, krna kepingin dan penasaran sama rasanya kayak apa udah dech minta di kasih resep dan caranya masak... Dannn akhirnya bikin jadinya begitu,, hhh. 
Entah itu bener apa tidak dan rasanya sama apa tidak dann yg pnting skrang udah gak penasaran lagi sama yg namanya masakan ayam lodho khas tulungagung 😊😊
Makasih ya cantik Riska 😚😚

BAHAN-BAHAN :

  • 1 kg Ayam di ptong2 sesuai selera
  • bawang merah 5 siung
  • bawang putih 3 siung 
  • cabai rawit 7 buah/ bisa sesuai selera
  • ketumbar secukupnya
  • kemiri 4 butir
  • jahe 1 ruas ukuran kecil
  • kunyit 1 ruas ukuran kecil
  • daun salam 2 lembar
  • 2 lembar daun jeruk 
  • sedikit kencur
  • 1 ruas lengkuas
  • garam, gula pasir,penyedap rasa secukupnya
  • merica secukupnya
  • santan kental dan encer,klo aku pake kara 1 bungkus yg ukuran kecil



CARA MEMBUAT :

  1. Ayam di cuci bersih, kemudian, direbus dulu kira2 10 menit an,klo sudah angkat tiriskan. 
  2. Kemudian panggang ayam, klo aku ayam di goreng soalnya cari yg gampang.hehhe
  3. Haluskan semua bumbu, kecuali jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam
  4. Kemudian bumbu yg sudah di haluskan di tumis sampai harum, kemudian masukan ayam, masukan santan yg encer, trus di tutup bentar, sampai bumbu meresap dan ayam agak matang. 
  5. Kemudian masukan santan kental dan biarkan mendidih, tes rasa,
  6. Klo rasanya sudah pas, angkat. Hidangkan. 😊
SHARE

About Susiyanti Permana

12 komentar :

  1. Wah, mbak pinter masak yah.. Gak kayak aku, disuruh masak air panas buat ngeteh aja malah gosong. Bukan perempuan namanya kalo gak bisa masak... lhaaaa.... ya Allah... musti banyak2 belajar masak nih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo masak air gosong berarti muridnya bang opi kumis 😂😂😂

      Hapus
  2. hemmmmmmm nyammmi, enak banget tuh ikannya.. boleh di coba nih resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya lumayan enak lo, klo masakan mbak pasti lebih enak lg 😇😇😇

      Hapus
  3. Aku belum pernah bikin ayam lodho. Makasih resepnya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu aku jg baru pertama masak, coba2 sih 😬😬😬

      Hapus
  4. ayam lodho awalnya aku pikir pedas rasanya menggunakan banyak cabe, ternyata tdk pakai csbe ya, tapi pakai lada

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo cabenya banyak bisa sakit perut tu 😬😬😬

      Hapus
  5. Ohh jadi kuah santannya disiram ya? Soalnya ayam udah digoreng gitu. Aku biasa masak ayam lgsg sama bumbunya sejak dari awal mentah. Thanks infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya dipanggang mbak, klo aku digoreng krn cari gampangnya aja 😂😂😂

      Hapus
  6. ditempatku kemarin baru nyobain di resto namanya tongseng, persis seperti gambar

    BalasHapus